Rilies Aplikasi Geisa, Ketidakhadiran Guru Melalui Fingerprint Yang Terhubung Ke Dapodik

Posted on
Rilies Aplikasi Geisa, Absensi Guru Melalui Fingerprint yang Terhubung Ke Dapodik – Setelah Kemenag memberlakukan semua guru dibawah naungannya wajib mangkir memakai alat yang namanya Fingerprint, kini Naungan Dinas Pendidikan juga akan memberlakukan demikian dengan melalui Online memakai Aplikasi Geisa.
Absensi Guru Online dibawah naungan Kemenag sudah dilakukan dan bila tidak salah sudah berjalan antara 1-2tahunan, ketidakhadiran tersebut dikhususkan bagi guru – guru yang sudah sertifikasi saja, tetapi masih aneka macam kekurangan alasannya ialah belum sinkronnya aplikasi dan belum sempurna.
Baru-baru ini pemerintah merilies aplikasi yang berjulukan Geisa untuk mempermudah dalam hal pengabsenan Guru secara online dan Aplikasi ini sanggup terhubung eksklusif ke dapodik. Jika kita berbicara mengenai Dapodik pastinya aplikasi Geisa merupakan aplikasi dibawah naungan Dinas Pendidikan.
Kepanjangan dari Aplikasi Geisa ialah General Equipment and Integritas System Of Attendance, dan aplikasi ini merupakan aplikasi versi beta sehingga masih banyak para Operator usang ataupun gres yang belum mengetahui apa itu Aplikasi Geisa dan bagaimana cara untuk menjalankannnya.
Jika anda ingin tau dengan aplikasi Geisa silahkan anda download di website resminya atau anda cari di Mbah Google dengan kata kunci Geisa Client, pastinya anda akan mendapat aplikasi tersebut.
Cara Installasi Aplikasi Geisa di Laptop Dapodik yang Benar
  1. Instal Aplikasi Geisa Client, pada Laptop Anda yang sudah mempunyai Aplikasi Dapodik. Buka web http://geisa.online
  2. Silakan klik at file installer Aplikasi Geisa Client ukuran file installer Aplikasi Geisa Client sebesar 41,2 MB harus Anda download pada ketika pertama kali melaksanakan installasi. Lihat gambar di atas
  3. Setelah proses download complete, buka dan instal Aplikasi Geisa Client pada komputer Anda.
  4. Setelah Proses Instal selesai, buka browser, kemudian ketik http://localhost:9315 untuk menjalankan Aplikasi Geisa Client pada browser, kami merekomendasikan browser chrome, untuk kelancaran operasional.
  5. Silakan dilanjutkan dengan Login ke Aplikasi Geisa Client, dengan memakai username password yang sama dengan Aplikasi Dapodik Anda.
  6. Jika Anda sudah berhasil Login

Aplikasi Geisa Client berada di tengah-tengah, diantara Mesin Finger Print X100C, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa yang berada terpusat (di Jakarta). Server Geisa bertugas untuk mengumpulkan seluruh data log ketidakhadiran guru yang berasal dari Aplikasi Geisa Client, kemudian data log ketidakhadiran guru yang sudah sukses terkirim akan diproses dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya ibarat DHGTK, SIMTUN dan lain-lain.
Untuk mengecek Komputer/Laptop anda, apakah sudah berhasil terkoneksi dengan baik secara jaringan ke Mesin Finger Print, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa, Anda sanggup cek pada kolom sebelah kanan bawah, di sajian utama Aplikasi Geisa Client, sebagai berikut :
Pada pola diatas, terlihat status koneksi yang berwarna hijau mengambarkan bahwa Aplikasi Geisa Client sudah terhubung dengan baik dengan Server Geisa, sedangkan status koneksi berwarna merah mengambarkan Aplikasi Geisa Client belum terhubung secara jaringan ke Aplikasi Dapodik dan Mesin Finger Print.
Untuk menciptakan status koneksi ke Mesin (Finger Print) menjadi hijau, pastikan Mesin Finger Print telah terhubung dengan jaringan ip network sekolah melalui Kabel LAN ke jaringan ip network sekolah (HUB yang sama, Router yang sama, atau WIFI yang sama) sehingga Mesin Finger Print sanggup berkomunikasi secara jaringan ke Laptop Anda.
Teknisnya, ip address yang dipakai pada Laptop dan Mesin Finger Print harus berada dalam satu segmen ip address yang sama, sehingga keduanya sanggup saling berkomunikasi dengan baik lewat jaringan ip network sekolah.
Untuk menciptakan status koneksi ke Server Geisa menjadi hijau, pastikan laptop Anda sudah terhubung dengan Internet dengan baik.
Secara Periodik Operator Aplikasi Geisa Client sanggup melaksanakan pengiriman data log kehadiran ke Server Geisa yang berada terpusat, dengan cara melaksanakan klik pada sajian “kirim ke Server”.
Dan secara kesisteman, Aplikasi Geisa juga mempunyai fitur untuk melaksanakan pengiriman otomatis, tanpa harus di klik manual, dan atau yang sanggup diseting sesuai kebutuhan yang sanggup menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.
Untuk kondisi internet on terus di sekolah, maka aplikasi Geisa Client sanggup diseting otomatis dan atau manual klik untuk mengirimkan data log kehadiran, sedangkan untuk koneksi internet yang mengalami terkendala / gangguan / belum ada layanan internet di sekolah, maka operator akan melaksanakan pengiriman data secara klik manual, sehabis menemukan koneksi internet


Sumber http://www.aplimuvie.com