Pedoman Panduan Lengkap Cara Instal Aplikasi Geisa Client Untuk Daftar Hadir Ketidakhadiran Online Dhgtk Melalui Fingerprint

Posted on
Pedoman Panduan Lengkap Cara Instal Aplikasi Geisa Client Untuk Daftar Hadir Online DHGTK Melalui Fingerprint – Aplikasi Geisa Client merupakan Aplikasi Absensi atau daftar hadir guru dan tenaga kependidikan ( DHGTK ) yang mana aplikasi ini sudah terhubung dengan aplikasi Dapodik.

Aplikasi Geisa sendiri sudah memakai Alat yang namanya Fingerprint semoga sanggup dengan gampang mengabsen guru dan tenaga kependidikan dan dengan adanya aplikasi ini tidak ada lagi yang namanya guru tidak bolos dan mengakali ketidakhadiran alasannya yakni setiap anda melaksanakan bolos pastinya eksklusif masuk secara online ke aplikasi Geisa Admin di pusat.

GEISA client produk yang dikembangkan oleh PT. Metranet yang sedang dalam uji coba secara terbatas. Kenapa demikian ? Karena aplikasi ini masih gres sekali dan pastinya aneka macam yang namanya human eror disini maka dari itu tahap uji coba ke beberapa sekolah sudah dilakukan. Entah hingga kapan aplikasi ini akan dirilies secara resmi untuk sanggup dinikmati oleh semua sekolah dibawah naungan DIknas.

Untuk memulai mengerjakan aplikasi ini anda wajib mengikuti fatwa yang ada dalam aplikasi tersebut sehingga nantinya tidak akan ada yang namanya kesalahan.


Pedoman Cara Install Aplikasi Geisa Client di Komputer Anda.

Cara Instal Aplikasi Geisa Client

  • Download Panduan Lengkap Cara Instal Aplikasi General Equipment And Integrated System Of Attendance (Geisa) Client

  • Silakan klik atau download file installer Aplikasi Geisa Client ukuran file installer Aplikasi Geisa Client sebesar 41,2 MB harus Anda download pada ketika pertama kali instal.
    • Setelah proses download complete, buka dan instal Aplikasi Geisa Client pada komputer Anda.
    • Setelah Proses Instal selesai, buka browser, kemudian ketik http://localhost:9315 untuk menjalankan Aplikasi Geisa Client pada browser, kami merekomendasikan browser chrome, untuk kelancaran operasional.

    • Silakan dilanjutkan dengan Login ke Aplikasi Geisa Client, dengan memakai username password yang sama dengan Aplikasi Dapodik Anda.
    • Jika Anda sudah berhasil Login, berikut tampilan utama Aplikasi Geisa Client :

    • Aplikasi Geisa Client berada di tengah-tengah, diantara Mesin Finger Print X100C, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa yang berada terpusat (di Jakarta). Server Geisa bertugas untuk mengumpulkan seluruh data log ketidakhadiran guru yang berasal dari Aplikasi Geisa Client, kemudian data log ketidakhadiran guru yang sudah sukses terkirim akan diproses dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya ibarat DHGTK, SIMTUN dan lain-lain.
    • Untuk mengecek Komputer/Laptop anda, apakah sudah berhasil terkoneksi dengan baik secara jaringan ke Mesin Finger Print, Aplikasi Dapodik, dan Server Geisa, Anda sanggup cek pada kolom sebelah kanan bawah, di hidangan utama Aplikasi Geisa Client, sebagai berikut : 

    Pada pola diatas, terlihat status koneksi yang berwarna hijau menunjukan bahwa Aplikasi Geisa Client sudah terhubung dengan baik dengan Server Geisa, sedangkan status koneksi berwarna merah menunjukan Aplikasi Geisa Client belum terhubung secara jaringan ke Aplikasi Dapodik dan Mesin Finger Print.

    • Untuk menciptakan status koneksi ke Mesin (Finger Print) menjadi hijau, pastikan Mesin Finger Print telah terhubung dengan jaringan ip network sekolah melalui Kabel LAN ke jaringan ip network sekolah (HUB yang sama, Router yang sama, atau WIFI yang sama) sehingga Mesin Finger Print sanggup berkomunikasi secara jaringan ke Laptop Anda.
    • Teknisnya, ip address yang dipakai pada Laptop dan Mesin Finger Print harus berada dalam satu segmen ip address yang sama, sehingga keduanya sanggup saling berkomunikasi dengan baik lewat jaringan ip network sekolah.
    • Untuk menciptakan status koneksi ke Server Geisa menjadi hijau, pastikan laptop Anda sudah terhubung dengan Internet dengan baik.
    • 10. Secara Periodik Operator Aplikasi Geisa Client sanggup melaksanakan pengiriman data log kehadiran ke Server Geisa yang berada terpusat, dengan cara melaksanakan klik pada hidangan “kirim ke Server”. Dan secara kesisteman, Aplikasi Geisa juga mempunyai fitur untuk melaksanakan pengiriman otomatis, tanpa harus di klik manual, dan atau yang sanggup diseting sesuai kebutuhan yang sanggup menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.
    • Untuk kondisi internet on terus di sekolah, maka aplikasi Geisa Client sanggup diseting otomatis dan atau manual klik untuk mengirimkan data log kehadiran, sedangkan untuk koneksi internet yang mengalami terkendala / gangguan / blm ada layanan internet di sekolah, maka operator akan melaksanakan pengiriman data secara klik manual, sesudah menemukan koneksi internet.

    10. Terima kasih.

    @team_geisa_2018

    Sekian artikel dari saya bagaimana cara setingnya anda sanggup mengunjungi situs resminya dan silahkan download panduan lengkapnya di website tersebut.


    Sumber http://www.aplimuvie.com